Jumat, 17 Juli 2015

Khotbah di Parhalado Helvetia.MEMILIKI PIKIRAN & PERASAAN SEPERTI KRISTUS YESUS Filipi 2:5

 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama,
 menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,
                  Suratan Filipi ini ditulis oleh R.Paulus ketika paulus sedang dalam keadaan dipenjarakan oleh karena Injil,dan Paulus menasehatkan agar seluruh jemaat yang ada di kota Filipi hidup bersama dalam pikiran dan perasaan yang sama seperti Kristus Yesus,jelas sekali  jika Paulus atau Firman Tuhan lewat Paulus menasehatkan yang demikian,ini berarti bahwa ada jemaat yang mulai hidup yang tidak sesuai dengan ajaran FA,yakni hidup untuk kepentingan sendiri.
                Ada 3 bahasan yang perlu kita perhatikan dalam ayat ini yakni:
          1.       Hidup bersama: yang dimaksud disini adalah yang tertulis dalam Filipi 1:1-2…semua orang kudus,adalah kehidupan yang sudah ditebus oleh darah Yesus,dan para pemimpin jemaat juga para pelayan jemaat,artinya,kehidupan berjemaat itu harus mempunyai kebersamaan,bukan keinginan pribadi lepas pribadi,bersama dalam arti Filipi 2:1-2.
Ø  Satu kasih: memeiliki kasih yang sama,kasih Yesus,bukan kasih manusia yang gampang berubah,kasih yang bisa menerima apa adanya.
Ø  Satu jiwa: saling memperhatikan dan saling melayani,inilah jiwa dari Yesus.
Ø  Satu tujuan: kebersamaan ini bukan seperti kumpulan orang yang dipasar,yang saling mencari untung,bukan!!!,tetapi bersama ini adalah kebersamaan untuk mencapai kesela matan yang sempurna.
             Jika kita bersama memilki kesatuan dalam Tujuan ini,maka keselamatan itu pasti akan kita upayakan dengan kesungguhan,kita pertahankan supaya tidak hilang(Filipim 2:12).
        2.       Memiliki pikiran dan perasaan.kebersamaan ini harus ditopang dengan pikiran dan perasaan yang seperti Yesus(Filipi    2:1-4),pikiran dan perasaan Yesus adalah:
   KESATUAN: inilah yang menjadi pikiran Tuhan agar kita semua menjadi satu kesatuan yang benar,mulai dari  satu Roh(persekutuan Roh), maka kalau Roh kita semua satu yakni Roh Kristus,maka sudah seharusnya tidak ada seorangpun yang merasa lebih baik dari yang lain,saling melayani dan saling membutuhkan, inilah gerakan gereja awal,begitu indahnya kebersamaan waktu itu.
     Rendah hati:pelayanan bersama tanpa didorong dengan kerendahan hati,mustahil akan bisa terwujud,karena dengan kerendahan hati inilah seseorang mampu menghargai yang lain lebih baik dari dirinya sendiri,dan dengan kerendahan hati inilah bisa melayani yang lainnya.
3.         Seperti dalam Kristus Yesus. Filipi 2:6-8…            Yang dilakukan Yesus patutlah kita teladani, karena memang untuk meneleladani Yesus kita dipanggil,dan dalam pelayananNYA,Yesus yang  adalah pribadi Allah,rela menjadi hamba, mengo songkan untuk bisa melayani manusia yang berdosa,inilah yang dilakukan Yesus untuk kita bahkan Yesus bersedia….sampai mati dikayu salib…pelayanan yang sangat tuntas untuk bisa mengangkat jemaat sempurna seperti DIA yang sempurna,dan karena pelayanan yang demikian inilah maka Yesus dipermuliakan lebih tinggi dari siapapun juga.(Filipi 2:9-11).
             Kesimpulan:
             Marilah kita hidup bersama dengan saling melayani dan menghargai,rela berkorban kepentingan diri sendiri dengan mengutamakan kepentingan orang lain.Puji Tuhan.Tuhanmemberkati senantiasa,Tetap semangat. RHL


Tidak ada komentar: